About

SELAMAT DATANG DI BLOG RANCANG KOTA

Minggu, 13 Februari 2011

Pemeliharaan Kopmputer

1. Strategi backup data

Walaupun komputer kini sudah dipakai oleh hampir semua orang dan digunakan untuk menyimpan berbagai data-data penting, namun saya lihat masih banyak sekali orang yang lupa memperhitungkan kemungkinan lenyapnya data tsb. Komputer tetap adalah perangkat elektronik yang kompleks walau bagaimana pun Microsoft Windows membuatnya nampak sederhana/tidak rumit; dan peluang untuk terjadi berbagai hal-hal yang tidak terdua atas data Anda sangat besar - virus, kerusakan hard disk, kerusakan file data; yang kesemuanya bisa terjadi dengan berbagai cara.

Untuk itu adalah hal yang penting bagi Anda untuk membuat strategi backup data, untuk mencegah lenyapnya data dari komputer. Saya akan listing berbagai hal yang dapat Anda lakukan berikut dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya.

1. Disket

Secara umum ini adalah ide yang buruk. Disket adalah media yang sangat tidak reliable, sangat banyak hal yang bisa merusakkannya - tergores sedikit, kena magnet, kena panas, terlipat/terduduki/terinjak, head drive yg tidak akurat lagi - dan bahkan Anda diamkan saja rusak lah data Anda (karena berjamur). SELALU HINDARI MENYIMPAN DATA PENTING ANDA DI DISKET.

2. Hard disk lainnya.

Jika Anda memiliki lebih dari satu hard disk, ini adalah cara backup data yang paling feasible; cepat dan murah (tidak perlu membeli tambahan peralatan). Kumpulkan data penting Anda di sebuah direktori di hard disk pertama, dan secara rutin duplikasi direktori tersebut ke hard disk kedua.
Kekurangannya, data Anda masih tetap terkumpul di komputer yang sama, jadi problem spt surge/spike (lonjakan arus listrik) sangat mungkin akan merusakkan kedua hard disk tersebut secara bersamaan.

3. CD-R (CD Recordable).

Dengan makin menjamurnya drive CD-R maka walaupun Anda tidak memilikinya namun kemungkinan ada teman Anda yang punya. Manfaatkan untuk membackup data Anda; karena kelebihan-kelebihannya seperti harga yang murah (CD-R blank kalau tidak salah harganya sudah,untuk pelajari selanjutnya Klik disini.zip

0 komentar:

Posting Komentar